Pendi On Marketing Research

Descriptive, Predictive & Diagnostic

Kenapa Butuh Riset Segmentasi?

Posted by mrpendi pada Januari 31, 2008

Seringkali dalam kehidupan ini kita merasa sudah melakukan hal yang benar, tetapi tidak memberi hasil yang diharapkan. Produk sudah bagus, kampanye social dan kemasyarakatan telah dilakukan dengan ikhlas dan menggugah, kualitas barang yang ditawarkan sudah di atas rata-rata, lokasi tempat usaha ditinjau dari berbagai kategori sudah sangat baik, harga sudah memadai, tetapi konsumen atau masyarakat yang diharapkan ternyata tetap tak bergeming. Banyak hal yang dilakukan pengusaha dan pemimpin masyarakat ternyata tidak memberi hasil sesuai dengan rencana di atas kertas. Apakah salahnya?

Dalam ilmu pemasaran, sebelum Anda melakukan macam-macam kampanye kemasyarakatan atau pendekatan pemasaran lainnya, pasar yang dibidik harus jelas lebih dahulu. Lebih dari 60% kegagalan bisnis di muka bumi ini kalau ditelusuri ternyata disebabkan oleh gagalnya pengusaha mendefinisikan pasar yang dituju, dan lebih dari 60% kegagalan kampanye sosial dan politik (termasuk merosotnya mood publik terhadap pemerintah) adalah karena para politisi tidak paham segmentasi pasar, yaitu siapa yang hendak mereka tuju. Pengusaha dan politisi terlalu bernafsu melakukan kampanye. Mereka melakukan komunikasi atau kampanye sosial atau bahkan mengembangkan suatu produk dengan tergesa-gesa. Mereka segera bergerak begitu mendengar potensi pasar suatu industry sangat besar atau suatu krisis sangat mendesak. Mereka tidak bertanya lebih jauh; siapa pasar yang ingin saya tuju, atau bagaimanakah potensi mereka, serta apa yang sebenarnya ada dalam kepala mereka.

Pengusaha hanya tahu ada sekian juta orang di negeri ini yang membutuhk rumah, kendaraan, komputer, hiburan dan sebagainya. Tokoh-tokoh masyarakat hanya tahu ada jutaan orang yang ingin melihat tindakan dan kata-katanya. Tapi siapa mereka dan bagaimana mereka bergerak adalah suatu persoalan lain lagi.

Pemahaman tentang pasar tentu saja bukan hanya penting bagi pengusaha, melainkan juga para pejabat pemerintahan dan politisi. Selain itu pengetahuan tentang segmentasi pasar perlu juga dipahami oleh mereka yang lingkup usahanya meliputi mancanegara. Para manajer perlu tahu siapa yang menjadi sasaran produk ekspornya di masing-masing Negara dan bagaimana mereka melakukan respons terhadap berbagai macam produk.

Oleh karena itu semua pihak yang ingin melakukan transaksi sosial, baik bisnis maupun nonbisnis, hendaknya memiliki pemahaman yang baik tentang segmentasi pasar dan tentunya riset segmentasi pasar. Semua pihak harus jelas siapa yang hendak dituju. konsep fokus yang sering didengang-dengungkan para ahli, sebenarnya tidak lebih dari pemahaman segmen yang jelas. Jangan sekali-kali memasuki bidang usaha tanpa peta konsumen yang jelas, dan jangan sekali-kali menyampaikan pesan sosial-politik tanpa gambaran yang jelas siapa yang hendak dituju.

2 Tanggapan to “Kenapa Butuh Riset Segmentasi?”

  1. nadya said

    boleh ngutip buat TA ga?thx atas ijinya..🙂

  2. mrpendi said

    Monggo mba boleh-boleh saja..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: