Pendi On Marketing Research

Descriptive, Predictive & Diagnostic

Bahan Baku Riset Ilmiah

Posted by mrpendi pada Februari 13, 2008

Tujuan dari dilaksanakannya penarikan sampel maupun pengamatan terhadap seluruh individu anggota suatu populasi adalah untuk memperoleh data. Data merupakan sejumlah informasi yang dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan. Pada umumnya informasi ini diperoleh melalui observasi (pengamatan) yang dilakukan terhadap sekumpulan individu (orang, barang, jasa dan sebagainya). Informasi yang diperoleh memberikan keterangan, gambaran, atau fakta mengenai suatu persoalan dalam bentuk kategori, huruf atau bilangan. Fakta membuktikan bahwa suatu penelitian akan memberikan hasil yang sesuai dengan harapan bila ditunjang dengan data yang representatif. Dalam hal ini data sangat berguna sebagai dasar pembuatan keputusan terutama pada kondisi ketidakpastian. Pada umumnya kualitas keputusan yang dibuat bergantung pada kualitas data sebagai nput maupun proses pengolahan datanya untuk mendukung keputusan yang dibuat. Secara umum data digunakan untuk menyediakan informasi bagi suatu penelitian, pengukuran kinerja (performance), dasar pembuatan keputusan dan menjawab rasa ingin tahu.

Data merupakan bentuk jamak dari Datum yang merupakan informasi yang diperoleh dari satu-satuan amatan. Dengan demikian bila kita bicara mengenai tinggi badan seseorang adalah 165 cm, berarti kita berhadapan dengan datum, sedangkan bila yang dibicarakan adalah informasi tinggi badan dari para konsumen dari sebuah produk maka kita berhadapan dengan data. Data yang diperoleh dapat memberikan informasi yang berguna bila diproses secara sistematis.

Dari data yang diperoleh selain memberikan informasi yang diharapkan juga dimungkinkan untuk menghasilkan informasi yang saling kait mengkait dengan melakukan konversi tertentu. Sebagai ilustrasi, dari data jumlah jam kerja karyawan dapat diperoleh informasi tentang biaya tenaga kerja per jam bilamana data jumlah jam kerja karyawan tersebut dikalikan dengan upah per jam dari tenaga kerja yang bersangkutan. Bila data biaya tenaga kerja per jam ini dijumlahkan, akan diperoleh informasi lain dalam kaitannya dengan total biaya karyawan harian, dan seterusnya. Rangkaian informasi tersebut tentu saja merupakan masukan yang sangat berharga bagi manajemen, misalnya untuk melihat kontribusi biaya yang dikeluarkan untuk tenaga kerja harian terhadap keseluruhan biaya operasional perusahaan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: