Pendi On Marketing Research

Descriptive, Predictive & Diagnostic

Tentang Blog

Title dari blog ini terinspirasi (pake kata inspirasi biar ga kelihatan njiplak) dari salah satu buku favorit saya yang ditulis oleh ‘Nabi Pemasaran Indonesia’ yakni Hermawan Kartajaya yang berjudul Hermawan Kartajaya on Marketing. Sesuai dengan title dari Blog ini yakni Pendi on Marketing Research direncanakan blog akan menjadi tempat berbagi ilmu dan pengalaman seputar riset pemasaran. Blog akan memuat artikel, tulisan lepas, teori, opini atau pendapat serta publikasi hasil riset. Direncanakan blog akan berisi kajian yang komprehensif tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan riset pemasaran.

Tulisan, artikel atau apapun isi posting yang ada dalam blog direncanakan akan dibagi dengan berbagai macam kategori, dari Kategori  Seluk Beluk yang membahas secara umum tentang seluk-beluk Proses Riset Pemasaran yang terdiri dari bagian: Perumusan Masalah,Penentuan Desain Riset, Perancangan Metode Pengumpulan Data, Perancangan Sampel dan Pengumpulan Data, Analisis dan Interpretasi Data serta Penyusunan Laporan Riset.

Setelah itu seluruh posting dalam blog ini direncanakan akan memuat tulisan, artikel ataupun bentuk lainnya dengan kategori yang membahas kajian yang lebih mendetail pada riset pemasaran, seperti kategori Marketing Scale, yakni kategori posting yang khusus membahas skala pengukuran dalam riset pemasaran seperti penggunaan skala pengukuran, kesalahan (error) dalam pengukuran, validitas dan reliabilitas instrument, proses penyusunan skala serta desain kuisioner.  Dengan tujuan agar blog ini lebih menarik dari sisi kajian praktis maka bagian kategori ini juga akan membahas contoh skala pengukuran riset pemasaran seperti pada kajian riset: Orientasi dan Implementasi Strategi Pemasaran, Perilaku Pembelian, Manajemen Merek, Kualitas Jasa, Periklanan, e-Marketing maupun contoh skala pengukuran pada kajian riset lainnya.

Posting Blog juga direncanakan akan memuat kategori berisi tulisan, artikel ataupun bentuk lainnya dengan pembahasan pada topik riset pemasaran, seperti kategori Segmenting Research baik riset segmentasi apriori maupun post hoc dengan dasar segmentasi: Demografi, Psikografi (Gaya Hidup maupun Nilai Individual), Cohort dan Teknologi maupun dasar atau pendekatan segmentasi lainnya.

Direncanakan posting dalam blog ini juga akan berisi kategori  Positioning Research yang memuat artikel atau tulisan tentang berbagai cara positioning serta teknik pemetaan yang sering digunakan dalam riset positioning, kategori Brand Research yang berisi kajian tentang Brand Equity, Brand Personality, Brand Trust, Brand Association, Perceived Brand, Brand Origin serta kajian tentang riset merek lainnya.

Selain akan memuat tentang riset Segmenting, Positioning dan Branding, blog juga akan berisi kategori yang akan memuat posting dalam bentuk riset pemasaran lainnya seperti: Service Quality, Advertising Research, Customer Relationship Management Research, Satisfaction Research, Consumer Behaviour Research, Market Demand and Forecasting, Pricing Research dan bentuk atau topik riset pemasaran lainnya.

Tidak lengkap rasanya kalo membahas riset pemasaran namun belum mengikutsertakan tools atau alat analisis yang digunakan serta dukungan software statistik. Untuk itulah maka posting dalam blog ini juga direncanakan akan memuat kategori Alat Analisis yakni penggunaan statistik sebagai alat analisis untuk memecahkan persoalan riset pemasaran dengan menggunakan data yang telah terkumpul. Kategori posting akan terbagi menjadi Kategori Statistik Univariat dan Kategori Statistik Multivariat. Kategori Statistik Univariat yakni kategori yang memuat posting tentang penggunaan statistik univariat dalam riset pemasaran, baik dalam bentuk Statistik Parametrik (One Sample t Test, Independent and Paired Sample t Test, One Way ANOVA, Repeated Measure, Correlation & Regression, Partial Correlation, Time Series dan pembahasan statistik parametrik lainnya), Statistik Non Parametrik (Binomial, Kolmogorov Smirnov, Chi Square, Mann Whitney, Moses & Wald Wolfowitz, Wilcoxon, Sign Test, Mcnemar & Marginal Homogenity, Kendall, Gamma & Sommers, Kruskal Wallis dan bentuk statistik non parametrik lainnya).

Kategori Statistik Multivariat akan memuat posting tentang penggunaan statistik multivariat dalam riset pemasaran, seperti: Cluster Analysis (K-Means & Hierarchical), Factor Analysis (Determination based on eigenvalue & Confirmatory ), Discriminant Analysis, MANOVA, Canonical Correlation, Conjoint Analysis, Multidimensional Scalling dan Correspondence Analysis. Sedangkan posting tentang Structural Equation Modelling (SEM) dan Path Analysis akan dimasukan dalam kategori khusus.

Untuk menjadikan blog ini lebih aplikatif, maka akan ada kategori Statistical Software, yakni kategori yang akan memuat posting tentang penggunaan serta isu-isu mutakhir dari software-software statistik yang sering digunakan dalam aplikasi riset pemasaran seperti: SPSS, Minitab, MDS, AMOS dan software statistik lainnya.

Hampir kelupaan, untuk membuat blog ini menjadi lebih seru aka akan dibuat juga kategori yang akan memuat posting dari isu-isu mutakhir dari riset pemasaran. Blog juga direncanakan akan memuat posting dari hasil publikasi riset yang dilakukan oleh blogger.

Akhir kata (kaya pidato aja), blogger berharap semoga blog ini bermanfaat dan bisa menjadi salah satu media untuk menambah seru nya kajian riset pemasaran di Indonesia….

3 Tanggapan to “Tentang Blog”

  1. Salam kenal Mas Pendi. Senang bisa menemukan rekan seminat lagi. Tetap semangat ya!

    Regards
    Hari Zebua

  2. heri danuariansyah said

    Senang rasanya bisa menemukan satu lagi blog tentang MR. Ngomong-ngomong profilnya dimana Pak? baca tulisannya tapi gak tau profil yang nulis, rasanya gimana gitu🙂
    Pak, gimana triknya biar bisa punya blog? Saya juga pengen bikin blog MR, tapi baru sebatas keinginan, masih kalah dengan rutinitas kantor.

    Danu

  3. mrpendi said

    Makasih dah sempeting kasih comment. Salam kenal juga buat Mas Harianus, makasih dah kasih semangat. Mudah-mudahan tetap semangat ben ga kaya orang jawa bilang DEMENYAR = Demen ne nek anyar. Salam kenal buat mas Danu. Sesuai dengan permintaan konsumen (Heee) maka begitu lihat komentar mas Danu maka saya langsung bikin profilnya. Kalo tanya gimana triknya bisa bikin blog mendingan mas Danu tanya yang lebih jago aja kaya mas Harianus itu lo…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: